27 April 2023

MANFAAT AKAR BAJAKAH BAGI KESEHATAN

Konsumsi ekstrak kayu bajakah tampala efektif untuk menurunkan kadar Reactive Oxygen Species (ROS) pada tikus yang mengalami obesitas. Perlu diketahui bahwa ROS berfungsi sebagai molekul yang memberi sinyal pada sel untuk melakukan proses biologis normal. Kadar ROS yang tinggi juga berkaitan erat dengan obesitas. Selain itu, ekstrak kayu bajakah juga bisa menurunkan berat lemak visceral atau lemak aktif secara efektif.

Salah satu manfaat akar bajakah bagi kesehatan ialah mempercepat proses penyembuhan luka. Akar bajakah mengandung senyawa metabolit sekunder seperti flavonoid, tanin, saponin, dan fenol. Nah, kandungan senyawa tanin berfungsi untuk menghilangkan mikroba berbahaya dari tubuh. Selain itu, kandungan tanin juga bisa melawan bakteri, virus, dan jamur berbahaya dengan cara mempercepat pembekuan darah. Maka dari itu, proses penyembuhan pada luka pun dapat berjalan lebih cepat.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan banyak sekali manfaat dari senyawa flavonoid. Salah satunya adalah mencegah penyakit seperti diabetes melitus. Kandungan flavonoid pada akar bajakah dipercaya dapat mencegah diabetes dan komplikasinya.

  • Mencegah Berbagai Penyakit Kronis Lainnya

Selain mencegah diabetes, kandungan senyawa flavonoid juga bisa mengatasi berbagai penyakit kronis. Sebab, flavonoid akan membantu tubuh mengatur aktivitas sel dan melawan radikal bebas yang dapat menimbulkan stres oksidatif pada tubuh. Secara sederhana, flavonoid dapat melindungi tubuh dari racun dan stres sehari-hari, sehingga dapat membuat fungsi tubuh berjalan lebih optimal. Flavonoid juga merupakan antioksidan yang kuat, dan dapat mencegah berbagai risiko penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes, dan penyakit kognitif seperti alzheimer dan demensia.

  • Menurunkan Risiko Penyakit Hati

Akar bajakah dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang cukup untuk mencegah kerusakan hati. Maka dari itu, salah satu cara menurunkan risiko penyakit hati adalah mengonsumsi akar bajakah. Namun, hal ini masih diperlukan penelitian yang lebih dalam terkait efektivitas akar bajakah dalam mencegah penyakit liver.

 

Cara mengolah dan mengonsumsi akar bajakah :

  • Akar bajakah dikeringkan di bawah matahari
  • Cacah akar bajakah setelah mengering
  • Lalu dihaluskan dengan ditumbuk atau diblender
  • Bubuk akar bajakah selanjutnya diseduh dengan takaran 1 gram dalam larutan 500 mililiter (ml) air
  • Bisa juga direbus dengan air selama 30 menit, baru kemudian diminum setiap hari
  • Air rebusan akar bajakah berwarna seperti teh
  • Saat diminum, air bajakah terasa hambar

 

Jenis Akar Bajakah yang Jadi Obat Kanker

  1. Bajakah Lamei : Tumbuh di hutan tropis lembab yang batangnya menyimpan banyak air yang bisa diminum. Cairan terkandung dalam tanaman ini dipercaya bisa menyembuhkan diare.
  2. Bajakah Kalalawit (Uncaria Gambir Roxb) : Mengandung phenol dan antibacterial, dengan ekstraknya mengandung tinggi katekin untuk mencegah penyakit jantung, obesitas, dan membantu pembentukan kolagen. Senyawa catechin dalam gambir juga dipercaya bisa mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.
  3. Bajakah Tampala (Spatholobus Littoralis Hassk) : Akar bajakah ini mengandung senyawa fenolik, flavonoid, tannin, dan saponin, yang bisa mempercepat pertumbuhan kolagen dan pembentukan epitel baru. Tanaman bajakah ini dikenal bisa menyembuhkan luka dan berbagai penyakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hubungi kami via WhatsApp