28 Maret 2023

KELEBIHAN MADU SUMBAWA

 

Madu asli sumbawa sebagian besar berasal dari madu hutan. Para pencari madu umumnya masih menggunakan cara lama, yaitu memeras madu dengan tangan. Akan tetapi, seiring perkembangan dan upaya peningkatan kualitas madu agar lebih bersih dan higienis, pemerasan sudah mulai digantikan dengan alat peras madu.

Kandungan dan Khasiat Madu Murni

Untuk mendapatkan manfaat madu hutan sumbawa murni, saat ini banyak para penjual yang menawarkannya baik melalui toko konvensional maupun marketplace. Salah satu madu terbaik dari hutan sumbawa ini memiliki kelebihan dibanding madu alam lain di Indonesia, yaitu:

  • Meningkatkan Stamina – Menurut hasil penelitian, madu dapat memberikan stamina tambahan untuk beraktivitas. Madu juga bermanfaat unttuk menyebuhkan otot setelah aktivitas berat.
  • Kecantikan – Kulit wajah yang cantik dan bersih dapat didapatkan dengan menggunakan masker madu. Caranya cukup mudah, yakni dengan mengoleskan madu sumbawa murni ke wajah dan diamkan selama 10 menit, kemudian bersihkan dengan air dingin.
  • Meningkatkan Sistem Imun – Madu kaya akan kandungan antioksidan yang bermanfaat bagi kinerja sistem pencernaan tubuh agar tetap sehat dan bugar. Selain itu, madu juga mengandung nutraceuticals yang mampu melawan radikal bebas dalam tubuh.
  • Mencegah Kanker – Kandungan flavonoids yang ada dalam madu dapat mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung. Tidak hanya itu, kandungan karsinogen juga bermanfaat untuk mencegah penyakit tumor.
  • Sumber Vitamin dan Mineral – Berbagai macam vitamin dan mineral dapat diperoleh dari madu. Kadar vitamin dan mineral madu tergantung dari sumber nektar yang dihisap oleh lebah.
  • Pelindung Serangan Bakteri dan Jamur – Madu mempunyai kandungan zat antiseptik yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan menghindarkan tubuh dari infeksi. Jika seseorang mengalami luka gores, luka bakar, sariawan atau bibir pecah-pecah, maka madu dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut.
  • Menurunkan Berat Badan – Berbeda dengan gula yang mengandung kalori dan lukosa, madu dapat dikonsumsi bagi seseorang yang menjalani porgram diet menurunkan berat badan.
  • Mengobati Batuk dan Radang Tenggorokan – Batuk dan radang tenggorokan ialah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh mikrobakteri. Madu mempunyai kemampuan untuk membunuh bakteri tersebut dan menghindarkannya dari infeksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hubungi kami via WhatsApp