3 Mei 2023

KEGUNAAN MINYAK KELAPA SAWIT

Minyak kelapa sawit berasal dari daging buah kelapa sawit. Minyak kelapa sawit biasanya digunakan untuk memasak karena rasanya yang gurih. Selain digunakan sebagai bahan mengolah makanan, minyak kelapa sawit telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan, termasuk melindungi fungsi otak, serta mengurangi risiko penyakit jantung.

Minyak kelapa sawit adalah sumber tokotrienol yang baik dan memiliki sifat antioksidan kuat, sehingga dapat mendukung kesehatan otak. Penelitian pada hewan dan manusia menunjukkan bahwa tokotrienol dalam minyak sawit dapat membantu melindungi lemak tak jenuh ganda yang halus di otak, memperlambat perkembangan demensia, mengurangi risiko stroke, dan mencegah pertumbuhan lesi otak. Berikut manfaat – manfaat minyak kelapa sawit untuk kesehatan tubuh :

1. Kesehatan Jantung

Minyak sawit telah disebutkan dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung. Memiliki efek menguntungkan pada faktor risiko penyakit jantung, termasuk menurunkan kolesterol LDL  dan meningkatkan kolesterol HDL.

2. Peningkatan Status Vitamin A

Minyak sawit dapat membantu meningkatkan status vitamin A pada orang yang kekurangan atau berisiko kekurangan vitamin A. Mengonsumsi minyak sawit merah meningkatkan kadar vitamin A dalam darah serta pada bayi yang menyusu.

Orang dengan kondisi cystic fibrosis, yang mengalami kesulitan menyerap vitamin yang larut dalam lemak, mengalami peningkatan kadar vitamin A dalam darah setelah mengonsumsi dua hingga tiga sendok makan minyak sawit merah setiap hari selama delapan minggu. Minyak sawit merah juga telah terbukti membantu meningkatkan kadar vitamin A pada orang dewasa dan anak-anak.

3. Mengurangi Stres Oksidatif

Radikal bebas adalah senyawa yang sangat reaktif yang terbentuk di tubuh sebagai akibat dari faktor-faktor seperti stres, pola makan yang buruk, atau paparan polutan dan pestisida. Radikal bebas dapat menumpuk di tubuh dari waktu ke waktu, menyebabkan stres oksidatif, peradangan, kerusakan sel dan bahkan penyakit kronis. Nah, antioksidan adalah senyawa yang dapat menetralkan radikal bebas berbahaya untuk mencegah kerusakan sel.

Antioksidan ini dapat diperoleh pada minyak kelapa sawit. Tapi, perlu diketahui kalau untuk untuk benar-benar menghilangkan stres oksidatif, kamu perlu memadukan minyak kelapa sawit dengan diet seimbang serta banyak makanan antioksidan tinggi lainnya, seperti kunyit, jahe, cokelat hitam, dan kacang pecan.

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Rambut

Minyak kelapa sawit dapat menghilangkan bekas luka hingga melawan jerawat. Karena, minyak kelapa sawit kaya akan vitamin E, nutrisi yang memainkan peran sentral dalam kesehatan kulit.

Kandungan tokotrienol pada minyak kelapa sawit diyakini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain minyak kelapa sawit, vitamin E juga bisa diperoleh juga pada almond, alpukat, biji bunga matahari, butternut squash, dan minyak zaitun.

Berdasarkan dokumen dari Kementerian Perindustrian, hasil industri minyak kelapa sawit bukan hanya minyak goreng saja, tetapi juga bisa digunakan sebagai bahan dasar industri lainnya seperti industri makanan, kosmetika dan industri sabun.

Manfaat lain dari proses industri minyak kelapa sawit antara lain:

  1. Sebagai bahan bakar alternatif Biodisel
  2. Sebagai nutrisi pakanan ternak (cangkang hasil pengolahan)
  3. Sebagai bahan pupuk kompos (cangkang hasil pengolahan)
  4. Sebagai bahan dasar industri lainnya (industri sabun, industri kosmetik, industri makanan)
  5. Sebagai obat karena kandungan minyak nabati berprospek tinggi
  6. Sebagai bahan pembuat particle board (batang dan pelepah)
  7. Sebagai contoh untuk bahan industri makanan pada selai dan margarin, minyak kelapa sawit memiliki peran istimewa bagi margarin dan mentega oles – minyak itu membuat keduanya lebih mudah dioleskan dan mencegah olesannya tercecer dari roti.
  8. Kemudian minyak kelapa sawit juga yang membuat mi mentah dapat dimasak dan dikeringkan serta disimpan terlebih dulu. Artinya, minyak kelapa sawit memperpanjang umur pajangan di rak.
  9. Kemudian untuk industri shampoo, minyak kelapa sawit adalah yang memberi pengaruh agar rambut bersih, segar, dan sehat, lembut dan halus.

Bagian yang paling utama untuk diolah dari kelapa sawit adalah buahnya. Bagian daging buah menghasilkan minyak kelapa sawit mentah yang diolah menjadi bahan baku minyak goreng.

Kelebihan minyak nabati dari sawit adalah harga yang murah, rendah kolesterol, dan memiliki kandungan karoten tinggi.

Minyak sawit juga diolah menjadi bahan baku margarin. Minyak inti menjadi bahan baku minyak alkohol dan industri kosmetika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hubungi kami via WhatsApp