27 Agustus 2018

Manfaat Daun Meniran

Pernahkah Anda mendengar atau menjumpai daun meniran? Apabila Anda tinggal di daerah yang memperhatikan lingkungan dan alam tentu sudah tidak asing dengan tumbuhan satu ini. Sebenarnya, tanaman ini cukup mudah dijumpai mengingat bisa tumbuh dengan mudah pada daerah yang beriklim tropis

Meniran sendiri merupakan jenis tanaman yang masuk dalam kategori tanaman semak. Keberadanya pun dapat dengan mudah ditemukan karena tanaman ini biasanya tumbuh sumbur di pekarangan rumah atau dalam hutan bersemak. Untuk segi karakteristiknya, daun meniran berbentuk seperti sirip dalam jumlah banyak. Sedangkan pada sisi bunganya tanaman ini terletak dibagian daun yang biasa dijumpai menghadap kebawah.

Banyak pakar kesehatan yang menyebutkan manfaat daun meniran bagus untuk kesehatan tubuh. Bahkan, penelitan ini didukung oleh para ahli medis yang berkompeten dibidangnya. Lantas, apa sajakah manfaat daun meniran ini? Simak pembahasannya berikut ini.

Manfaat Daun Meniran Buat Kesehatan

1. Mengontrol Kinerja Sistem Imun

Terkadang, tubuh terforsir untuk melakukan aktivitas yang padat yang bisa membuat tubuh menjadi mudah lelah. Apabila hal tersebut kerap terjadi pada tubuh Anda, maka pertahanan tubuh akan mudah terganggu sehingga menjadikan tubuh mudah sakit. Akan tetapi, akan berbeda jika Anda sering mengonsumsi daun meniran.

Ya, manfaat daun meniran ini bisa terjadi dikarenakan adanya zat yang dapat mengontrol kerja sistem imun. Sehingga saat sistem imun tersebut bekerja terlalu keras, zat yang terdapat pada daun meniran ini akan megontrol sehingga bisa menurunkan kinerjanya.

2. Mengatasi Rasa Nyeri

Hasil penelitian yang dilakukan di Brazil menunjukkan bahwa ada beberapa manfaat daun meniran lain berupa mengatasu nyeri. Hal ini dikarenakan adanya senyawa yang terisolasi. Beberapa zat tersebut sepeti flavonoid, quersetin, furosin, geranin, benzenoid, metil gallat dan fitosterol yang berperan penting untuk tubuh. Salah satu khasiat tersebut yakni bisa membantu meredakan rasa nyeri pada tubuh.

3. Baik Untuk Penderita Diabetes

Penderita penyakit diabetes memang dituntut untuk selalu berhati-hati dalam mengonsumsi makanan. Misalnya saja pada nasi atau susu yang harus diperhatikan mengingat makanan tersebut mengandung glukosa yang tinggi. Nah, dengan mengonsumsi ramuan daun meniran secara teratur maka akan menujukan hasil yang bagus karena ramuan ini bisa membantu untuk menurunkan kadar gula darah secara efektif.

Cara membuatnya pun mudah, siapkan satu genggam daun meniran segar dan rebus bersama 2 gelas air. Rebus selama kurang lebih 20 menit hingga tersisa satu gelas saja. minumlah air ramuan tersebut sehari sekali supaya kadar gula darah menjadi normal.

4. Membantu Pengobatan Penyakit HIV

Siapa sangka, dibalik tanaman meniran yang kerap diabaikan ini ternyata menyimpan manfaat yang luar biasa salah satunya untuk mengobati penyakit HIV. Ketika seseorang terkena penyakit ini maka sistem kekebalan tubuhnya menjadi menurun sedikit demi sedikit. Infeksi virus pada HIV ini tidak ditunjukkan secara langsung karena bisa berkembang selama 5 tahun. Manfaat daun meniran ini ternyata bisa membantu dalam menghambat perkembangan dari virus tersebut.

Hal ini pun didukung dengan adanya penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan asal Bristol Squibb Institute yang menyatakan bahwa adanya zat aktif yang bernama nirusida untuk menghambat virus tersebut. penelitian tersebut berlanjut dengan melakukan studi pertama yang menyebutkan bahwa daun meniran bekerja efektif untuk terapi HIV karena bisa menghambat 70% hingga 75% virus mematikan ini.

Dengan melihat beberapa manfaat daun meniran di atas, tentunya Anda sudah mengetahui bukan khasiat yang dihasilkan pada daun tersebut? untuk hasil terbaik, kosumsi ramuan daun meniran secara rutin. Selamat mencoba.

 

Sumber:

Ditulis oleh: Manjadda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hubungi kami via WhatsApp