27 Agustus 2018

Manfaat Daun Kelor

Daun KelorĀ atau biasa disebut sebagai Moringa oleifera merupakan tumbuhan dari jenis suku Moringaceae. Daunnya berbentuk bulat lonjong dan ukurannya yang kecil tersusun rapi pada sebuah tangkai. Tanaman obat yang satu ini biasanya dimasak sebagai sayur untuk pengobatan maupun untuk menjaga kesehatan. Tumbuhan ini memiliki tinggi batang sekitar 7 sampai 11 meter, memiliki bunga dengan warna putih kekuning-kuningan yang mengeluarkan bau semerbak, serta memiliki buah dengan bentuk segitiga memanjang biasa nya di sebut kelentang.

Kandungan vitamin C daun kelor semakin banyak dari sayur ataupun buah lainnya. Selain itu, kandungan vitamin A serta potasium dalam daun kelor sangatlah tinggi, sehingga sangat baik jika dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Tidak hanya untuk kesehatan saja, manfaat tanaman kelor juga dapat melindungi lingkungan sekitar, seperti halnya tanah longsor. Air hujan dapat di tahan oleh sistem akar tumbuhan kelor yang sangat rapat, hal ini telah digunakan di kawasan Konso dan juga Arba Minch, juga digunakan sebagai konservasi tanah, terasering. dan ketika musim kemarau datang, akar disekitar pohon kelor yang menyimpan air akan menjadi sumber air bagi tanaman lainnya.

Tak banyak orang yang mengetahui manfaat yang dihasilkan oleh daun kelor, banyak masyarakat yang beranggapan bahwa daun kelor identik dengan hal mistis. Seperti di tanah jawa (khususnya masyarakat jawa) sering kali memanfaatkan daun kelor sebagai salah satu dari bagian proses pemandian jenazah. Meski belum banyak orang yang mengenalnya secara utuh, namun khasiat yang terdapat didalamnya sudah terbukti ampuh untuk mengobati berbagai penyakit. Diantaranya sebagai berikut:

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Mengobati Herpes

Penyakit kulit satu ini sering kali terjadi secara tiba-tiba, rasanya yang perih dan gatal hingga memberikan bekas merah diawal dan menghitam setelah beberapa hari bahkan tak jarang seseorang mengalami herpes yang parah hingga bernanah.

Daun kelor merupakan salah satu tumbuhan yang dapat dijadikan obat untuk mengatasi penyakit kulit ini dengan cara, ambil beberapa lembar daun kelor, lalu tumbuklah hingga halus, baru kemudian tempelkan pada kulit yang mengalami herpes tersebut.

2. Menyehatkan kulit

Daun kelor memiliki kandungan vitamin C serta antioksidan yang sangat tinggi, kedua zat ini sangatlah baik untuk kesehatan kulit. Dengan cara, daun kelor dijadikan sebagai sayur serta dikonsumsi dengan cara teratur dapat menghaluskan kulit serta mencegah munculnya jerawat. Tidak hanya itu kita juga dapatmenumbuk daun kelor hingga halus danĀ  menjadikannya daun kelor sebagai masker muka yang dapat membuat kulit muka makin halus serta cantik.

3. Mencegah kanker

Kandungan antioksidan yang dimiliki daun kelor sangatlah tinggi, selain itu, daun kelor memiliki kandungan potasium berlimpah, sehingga dipercaya sebagai obat herbal yang dapat mencegah kanker. Manfaat yang tekandung pada daun kelor adalah dapat memperlambat bahkan juga dapat menghentikan serta menyingkirkan kanker yang ada pada tubuh.

4. Mengatasi diabetes

Daun kelor juga dipercaya dapat mengobati penyakit diabetes. Dengan mengkonsumsi daun kelor secara rutin dapat mengurangi kadar gula dalam darah, dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa daun kelor memiliki manfaat untuk mencegah serta mengatasi penyakit gula darah atau diabetes.

5. Menyehatkan mata

Vitamin A yang terkandunga dalam daun kelor sangatlah baik untuk menjaga kesehatan mata. Daun kelor juga dapat mengobati penyakit mata, dengan cara merebus air dengan memasukan daun kelor ke air rebusan tersebut, lalu kemudian air rebusan daun kelor dibasuhkan pada mata yang sakit setiap hari. Lakukan sampai mata membaik.

6. Mengobati Sariawan

Daun kelor merupakan salah satu jenis daun yang kaya akan kandungan vitamin C. Seperti yang kita ketahui, vitamin C merupakan vitamin yan sangat ampuh dalam menangani masalah yang berkaitan dengan kesehatan mulut dan tubuh. Karena itulah, daun kelor dapat dimanfaatkan sebagai obat sariawan dengan cara mengolahnya menjadi sayur untuk lauk makan.

Sumber :

Ditulis oleh: Manjadda / 26 Februari 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hubungi kami via WhatsApp